Bimtek Pustakawan Tangsel: Prof. Amilin dan Narasumber Lain Bagikan Tips untuk Menjadi Profesional Kompeten

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan. (11/6/24)

Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan. (11/6/24)

HALLOUP.COM – Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan pada 11 Juni 2024.

Prof. Amilin menyatakan, “Pustakawan kompeten harus memiliki pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja yang diukur melalui uji kompetensi sesuai standar kerja.”

Menurut Prof. Amilin, BNSP mendorong pustakawan untuk sertifikasi kompetensi melalui LSP berlisensi BNSP guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan literasi masyarakat.

Acara Bimtek ini diikuti oleh 150 pustakawan dari berbagai perpustakaan di bawah Dinas P&K Pemkot Tangsel, termasuk perpustakaan umum kota, kecamatan, keliling, serta sekolah dari SD hingga SLTA.

Bimtek ini dilaksanakan di Gedung Depot Arsip Kota Tangerang Selatan dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Tangsel, Drs. R. Sigit Widodo N, MS.i, mewakili Kepala Dinas.

Dalam sambutannya, Sigit Widodo menekankan pentingnya peran pustakawan dalam mencerdaskan masyarakat melalui layanan literasi. Bimtek ini penting untuk meningkatkan kompetensi mereka.

“Layanan profesional dari pustakawan kompeten diharapkan menjadikan membaca sebagai budaya masyarakat, membuka wawasan yang lebih luas,” pungkas Sigit Widodo.

Ketua Panitia Bimtek, Yuli Puspitasari, S.Kom, MM, menyatakan bahwa tujuan Bimtek ini adalah memberikan wawasan kepada pustakawan mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi profesi.

“Pustakawan harus mengikuti uji kompetensi oleh Asesor Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi berlisensi BNSP untuk memastikan kompetensi sesuai standar nasional,” jelas Yuli.

Selain Prof. Amilin, Bimtek ini juga menghadirkan dua narasumber lainnya, yaitu Luthfiati Makarim, SS, M.M dari LSP-P3 Pustakawan dan Ulpah Andayani, S.Ag, SS, M.Hum dari Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kedua narasumber berbagi pengalaman tentang menjadi pustakawan profesional dan strategi sukses dalam uji kompetensi. Sesi materi dari narasumber diakhiri dengan diskusi.

Diskusi dipandu oleh Tomi Patria Edwardy, ST, M.Si, Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Perpustakaan Pemkot Tangsel. Tomi memandu sesi dengan lancar dan interaktif.

Baca Juga:

Momentum Idul Fitri: PROPAMI dan LSP Pasar Modal Jalin Kerjasama di BNSP

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

BNSP, Kementerian PUPR, dan LPJK Garis Depan Peningkatan Profesionalisme Industri Konstruksi

Bank Mandiri Terima Lisensi LSP: Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Publik

Dalam sesi diskusi, peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana belajar yang dinamis. Para pustakawan antusias mendapatkan ilmu baru.

Para peserta menyatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan relevan dengan pekerjaan mereka sehari-hari. Mereka berharap Bimtek seperti ini bisa rutin diadakan.

Dengan mengikuti Bimtek ini, diharapkan para pustakawan dapat meningkatkan kompetensi mereka dan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Pustakawan yang kompeten tidak hanya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan literasi dan kecerdasan masyarakat.

Diharapkan setelah Bimtek ini, pustakawan dapat menjalani uji kompetensi dan memperoleh sertifikasi yang diakui, sehingga mampu memberikan layanan terbaik.

Komitmen BNSP dan Dinas P&K Pemkot Tangsel dalam mengadakan Bimtek ini menunjukkan perhatian serius terhadap peningkatan kompetensi pustakawan di Indonesia.

Dengan sertifikasi kompetensi, pustakawan diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat akan informasi yang berkualitas dan terstruktur.

Prof. Amilin mengapresiasi antusiasme peserta dan berharap Bimtek ini menjadi langkah awal menuju profesionalisme pustakawan yang lebih tinggi di masa depan.

Acara ditutup dengan pesan Prof. Amilin agar pustakawan terus belajar dan mengembangkan diri, serta mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pelayanan sehari-hari.

Bimtek ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pustakawan dan layanan perpustakaan di Kota Tangerang Selatan, mendukung kemajuan literasi nasional.

Sempatkan untuk membaca berbagai berita dan informasi seputar ekonomi dan bisnis lainnya di media Minergi.com dan Haibisnis.com

Jangan lewatkan juga menyimak berita dan informasi terkini mengenai politik, hukum, dan nasional melalui media Kontenberita.com dan Harianbanten.com

Sedangkan untuk publikasi press release di media ini atau serentak di puluhan media lainnya, klik Rilisbisnis.com (khusus media ekbis) dan Jasasiaranpers.com (media nasional)

WhatsApp Center: 08531555778808781555778808111157788.

Pastikan download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Berita Terkait

Indo Build Tech 2024: Kodai Door Hadirkan Pintu Baja Tahan Rayap dengan Sistem Knock Down
Diduga Sedang Sakit, Jasad Pria Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Kontrakan Tangerang Selatan
PMAI dan Anggota BNSP Hadiri Acara Halal Bihalal & Webinar Master Asesor
BNSP: Langkah Maju Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Pertahanan RI
Momentum Idul Fitri: PROPAMI dan LSP Pasar Modal Jalin Kerjasama di BNSP
Tantangan Industri: LSP Perbankan, Perbanas, Himbara, IBI, dan BARa Diskusikan Isu Terkini di BNSP
BNSP, Kementerian PUPR, dan LPJK Garis Depan Peningkatan Profesionalisme Industri Konstruksi
Polisi Buru Mantan Suami Artis Ibukota Terlibat Kasus Penembakan di Kawasa Jatinegara, Jakarta Timur
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 00:28 WIB

Uji Kompetensi BNSP di Batam: Sertifikasi 149 CPMI Welder untuk Meniti Karir di Korea Selatan

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:47 WIB

Prabowo Sebut Kepentingan Nasional adalah Prioritas dalam Kemitraan Ekonomi dengan Negara Lain

Rabu, 12 Juni 2024 - 08:34 WIB

Kasus Buronan Harun Masiko, KPK Dalami Isi Telepon Seluler Milik Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto

Senin, 10 Juni 2024 - 09:17 WIB

Masa Bebas Bersyarat Habib Rizieq Shihab Berakhir Senin, 10 Juni 2024, Hari Ini Berstatus Bebas Murni

Jumat, 7 Juni 2024 - 15:48 WIB

Prabowo Subianto Kenakan Kacamata Hitam, Momen Kebersamaan Wartawan Istana Foto Bareng

Kamis, 6 Juni 2024 - 14:35 WIB

Mendag Zulkifli Hasan Sebut Temuan Barang Elektronik Senilai Rp6,7 Miliar Diduga Produk Impor Ilegal

Selasa, 21 Mei 2024 - 07:30 WIB

7 Pejabat Kementan Jadi Saksi untuk SYL, Kasdi, dan Hatta Terkait Kasus Pemerasan dan Gatifikasi di Kementan

Jumat, 17 Mei 2024 - 18:45 WIB

BNSP Perkenalkan Kebijakan Baru untuk SDM Kompeten

Berita Terbaru